Tujuan
Rangkaian visi dan misi yang telah dirumuskan di atas melayani tujuan besar SMA Yos Sudarso yang dibagi seturut rentang ukur pencapaiannya, yaitu: tujuan jangka panjang, tujuan jangka menengah dan tujuan jangka pendek.
1. Tujuan Jangka Panjang
-
Menghasilkan lulusan pembelajar sepanjang hayat yang beriman-takwapada Tuhan Yang Maha Esa, humanis, cinta Tanah Air dengan keragaman sosialnya, berwawasan budaya mendalam serta berkeadaban publik yang baik sebagaimana diidamkan dalam karakter Profil Pelajar Pancasila.
-
Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi pada lembaga akademik/vokasi terkemuka sesuai minat dan bakat yang dimilikinya.
-
Menghasilkan lulusan yang menyadari dan mengusahakan terus-menerus perkembangan keterampilan, minat dan bakat sesuai kodrat alam dan kodrat zamannya.
-
Menghasilkan lulusan yang memiliki komitmen untuk sayang alam serta usaha bagi pelestarian lingkungan hidup.
-
Menghasilkan lulusan yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang berkeadilan dan memimpin sesama dengan semangat memanusiakan liyan.
2. Tujuan Jangka Menengah
-
Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat dengan mendalami dan mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila.
-
Menyusun mata ajar yang kontekstual dengan kebutuhan zaman dan kondisi masing-masing siswa dalam konsultasi dengan pihak akademisi dan industri yang relevan.
-
Membekali siswa dengan penguasaan logika dan daya pikir kritis.
-
Mengusahakan fasilitas pembelajaran intra-kurikuler dan ekstra-kurikuler yang mendukung tumbuh kembang pendidik, tendik dan nara didik.
-
Menyusun kurikulum khusus Yos Sudarso yang memuat mata ajar dengan tekanan pada wawasan bela Negara dan cinta Tanah Air, wawasan Filsafat dan Kebudayaan serta wawasan Keadaban Publik.
-
Membuat pelatihan kecakapan hidup berjenjang dalam Komunitas Basis Siswa dengan pendekatan peer-nurturing.
-
Mengusahakan pengabdian sosial yang berfokus pada analisa dan refleksi sosial yang menumbuhkan empati dalam diri siswa.
3. Tujuan Jangka Pendek
Membentuk karakter pembelajar sepanjang hayat dengan mendalami dan mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila.
-
Melaksanakan 3 kali dalam setahun pelatihan bagi guru dan tendik tentang implementasi Profil Pelajar Pancasila.
-
Melaksanakan pembiasaan sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila secara terintegrasi pada 100% mata pelajaran yang diselenggarakan baik dalam bentuk tatap muka atau dalam bentuk kegiatan proyek.
-
Melaksanakan 100% penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila.
-
Mendorong 100% pelajar mencapai minimal predikat BAIK pada penilaian sikap berbasis Profil Pelajar Pancasila.
Menyusun mata ajar yang kontekstual dengan kebutuhan zaman dan sekaligus tetap menyenangkan dalam konsultasi dengan pihak akademisi dan industri yang relevan.
-
Terjadinya assessment psikologis dan aptitude test untuk 100% siswa pada awal tahun ajaran.
-
Dikelolanya secara sistematis dan berkala pendampingan oleh wali kelas, guru mata pelajaran dan guru BK dalam rangka konsientisasi nilai dan dialektika ideal-real dalam mengenali diri dan potensi siswa.
-
Disusunnya Buku Panduan Kurikulum yang menjadi sarana dialog guru-siswa untuk melibatkan naradidik dalam proses penyusunan bahan ajar.
-
Terjadinya supervisi modul ajar dan assessment semua guru oleh dosen yang bertalian dengan mata ajar.
-
Disepakatinya kerjasama [MoU] dengan minimal 5 industri yang dekat dengan profil lulusan SMA Yos Sudarso Metro.
-
Mendorong 100% siswa mendapatkan setidaknya 3 kali sesi coaching per-tahun dari para ahli, praktisi dan akademisi berkaitan dengan STEM, Sosial-Humanisme, dan Industri Teknologi.
-
Tercapainya tingkat kepuasan siswa dalam proses belajar hingga minimal 90%.
Membekali siswa dengan penguasaan logika dan daya pikir kritis.
-
Memulai kelas suplemen Filsafat dan Logika pada Tahun Ajaran 2022/2023.
-
Mengintegrasikan project based learning pada 100% mata pelajaran.
-
Memfasilitasi 100% pelajar menghasilkan minimal 1 produk kreatif per-tahun dari project based learning.
-
Proses assessment tengah semester dan akhir semester bersifat dialogal, kolaboratif dan kreatif dengan bobot soal 40% bersifat HOTS.
-
Mengusahakan agar data pinjaman buku masing-masing siswa mencapai setidaknya 24 judul pertahun dengan minimal 12 resume buku pertahun.
-
Menambah buku-buku seputar filsafat dan logika sebanyak minimal 70 judul pertahun.
Mengusahakan fasilitas pembelajaran intra-kurikuler dan ekstrakurikuler yang mendukung tumbuh kembang pendidik, tendik dan nara didik.
-
Menyediakan fasilitas laboratorium sains, komputer dan bahasa dengan standar nasional.
-
Membekali 100% pelajar dengan pengetahuan tata cara penulisan karya ilmiah.
-
Pelaksanaan monev berkala oleh Lembaga Penjamin dan Pengembangan Mutu Sekolah [LPPMS] pada para pendidik dengan model survey kepuasan siswa yang mencapai 90%.
-
Memfasilitasi setiap warga SMA Yos Sudarso Metro untuk akses pada bimbingan konseling.
-
Menjamin tersedianya pelatih dan pendamping kegiatan ekskul yang bersertifikasi dan berlisensi.
-
Terlaksananya forum komunikasi warga SMA Yos Sudarso Metro minimal 1 kali per semester.
-
Partisipasi seluasnya dalam kegiatan lomba yang berkaitan dengan akademik maupun non-akademik.
-
Terlaksananya fungsi kepamongan [kesehatan, akademik, disiplin, ekskul] dengan baik di bawah Waka Kesiswaan dan Waka Kurikulum.
-
Terlaksananya MoU dengan lembaga konsultan implementasi Kurikulum Cambridge.
-
Terlaksananya program beasiswa studi budaya ke Luar Negeri bagi minimal 3 siswa dan 3 guru/tendik berprestasi.
-
Terlaksananya MoU dengan lembaga konsultan untuk assessment komptensi guru/tendik.
-
Mendorong minimal 50% dari pendidik untuk mengikuti PPG dan Program Guru Penggerak.
Menyusun kurikulum khusus Yos Sudarso yang memuat mata ajar dengan tekanan pada wawasan bela Negara dan cinta Tanah Air, wawasan Filsafat dan Kebudayaan, Wawasan Dehoniana serta wawasan Keadaban Publik.
-
Memanfaatkan secara optimal team pengembangan kurikulum dan team Campus Ministry SMA Yos Sudarso dengan target jelas untuk adaptasi catur-wawasan khusus.
-
Rancangan kurikulum khusus dengan muatan catur-wawasan ini selesai 100% pada bulan Mei 2023.
-
Memfasilitasi siswa untuk kegiatan yang mendukung empat wawasan khusus ini.
Membuat pelatihan kecakapan hidup berjenjang dalam Komunitas Basis Siswa dengan pendekatan peer-nurturing dan experential learning.
-
Mendorong 100% pelajar memilih kelas berdasar bakat dan minatnya.
-
Mengikutsertakan 100% pelajar pada minimal 2 ekstrakurikuler pilihan sesuai bakat dan minatnya.
-
Mengikutsertakan 100% pelajar pada minimal 1 program life skill sesuai bakat dan minatnya.
-
Mengikutsertakan 100% pelajar pada minimal 1 lomba/kompetisi akademik dan non akademik per tahun atau minimal 1 kali program magang sesuai bakat dan minatnya.
-
Bekerjasama dengan program Penabur Benih dan program Rumah Pembinaan untuk pelatihan kecakapan hidup.
Mengusahakan pengabdian sosial yang berfokus pada analisa dan refleksi sosial yang menumbuhkan empati dalam diri siswa.
-
Mendorong terlaksananya kunjungan ke Pesantren dan Sekolah lain di sekitar SMA Yos Sudarso Metro untuk kolaborasi karya dan kehidupan pada 100% kelas Pratama.
-
Pengenalan metode analisa sosial pada 100% kelas Pratama.
-
Mendorong terlaksananya program pilgrimasi [berjalan kaki tanpa uang dan bekal] pada kelas Madya.
-
Mendorong terlaksananya program pengabdian sosial selama 10 hari pada 100% kelas Madya.
-
Mendorong terwujudnya satu pameran karya seni dan sastra yang bersifat sosial-budaya pada 100% kelas Utama.
-
Mendorong terlaksananya program retret bagi 100% kelas Utama.